Mukjizat Nabi Musa AS yang Menakjubkan

 


Setiap Nabi diutus oleh Allah SWT diberikan mukjizat sebagai bentuk hujjah untuk menyampaikan risalah kepada umatnya. Begitu juga dengan Nabi Musa AS yang diberikan oleh Allah SWT mukjizat untuk menghadapi kekufuran Raja Fir’aun yang terkenal dzalim dan mengakui dirinya sebagai Tuhan.

Dalam Al Quran disebuatkan Allah SWT mengutus Nabi Musa As dengan membawa banyak mukjizat yang jelas. Mukjizat yang diberikan Allah SWT sebagai bentuk yang akurat untuk membenarkan kenabiannya dan membenarkan kepada Fir’aun.

Hal ini juga tertulis dalam Al Qur’an , Allah SWT berfirman, yang artinya:

Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sem­bilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka, lalu Fir’aun berkata kepadanya, "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Mu­sa, seorang yang kena sihir.” Musa menjawab, "Sesungguhnya kamu telah mengetahui bahwa tiada yang menurunkan mukji­zat-mukjizat itu kecuali Tuhan Yang memelihara langit dan bumi sebagai bukti-bukti yang nyata, dan sesungguhnya aku mengi­ra kamu, hai Fir’aun seorang yang akan binasa.” Kemudian (Fir'aun) hendak mengusir mereka (Musa dan pengikut-pengikut-nya) dari bumi (Mesir) itu, maka Kami tenggelamkan dia (Fir'aun) serta orang-orang yang bersama-sama dia seluruhnya, dan Ka­mi berfirman sesudah itu kepada Bani Israil, "Diamlah di negeri ini. Maka apabila datang masa berbangkit, niscaya Kami datangkan kalian dalam keadaan bercampur baur (dengan musuh kalian)." (QS. Al Isra: 101-104).

Berikut ini ada 9 Mukjizar Nabi Musa AS yang disebutkan dalam kitab suci Al Quran:

1. Kitab Taurat

Mukjizat Nabi Musa AS paling utama adalah penerimat kitab suci Taurat uang diturunkan kepada kaum Bani Israil sebagai pedoman. Hal ini tertulis dalam Al Quran An’am ayat 154, yang artinya:

Kemudian Kami telah memberikan Al-Kitab (Taurat) kepada Musa untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan, dan untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat, agar mereka beriman (bahwa) mereka akan menemui Tuhan mereka. (QS. Al An'am ayat 154).

2. Membelah Laut Merah

Mukjizat Nabi Musa berikutnya adalah membelah laut Merah dengan tongkatnya, semua ini bisa terjadi atas izin Allah SWT. Saat itu, nabi Musa sedang dikejar oleh Firaun dan bala tentaranya. Musa diperintahkan untuk memukul tongkatnya ke lautan sebagai ajalan untuk lari dari kejaran Fir’aun.

Allah SWT berfirman, yang artinya:

Dan sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa, "Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, maka buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)." Maka Fir’aun dengan bala tentarannya mengejar mereka, lalu mereka ditutup oleh laut yang menenggelamkan mereka. Dan Fir’aun telah menyesatkan kaumnya dan tidak memberi petunjuk. (QS. Thaha ayat 77-79).

3. Tongkat jadi Ular

Tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar dikeluarkan Nabi Musa As kala menghadapi para tukang sihir Raja Firaun. Sebagaimana termaktub dalam surat An-Naml ayat 10 yang artinya:

dan lemparkanlah tongkatmu. Maka tatkala (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti seekor ular yang gesit, larilah ia berbalik ke belakang tanpa menoleh, "Hai Musa janganlah kamu takut.” (An-Naml: 10)

4. Tangan Memancarkan Sinar

Mukjizat Nabi Musa AS berikutnya adalah tangan yang bisa memancarkan cahaya atau sinar. Mukjizat ini Allah berikan saat Nabi Musa menghadapi bala tentara Firaun. Hal ini tertulis dalam Al Quran Surat Thaha ayat 22-23, yang artinya:

Dan kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu, niscaya ia keluar menjadi putih cemerlang tanpa cacat, sebagai mukjizat yang lain (pula), untuk Kami perlihatkan kepadamu sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Kami yang sangat besar.  (QS. Thaha ayat 22-23)

5. Mengeluarkan Air dari Batu

Mukjizat Nabi Musa As lainnya yaitu:

Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman, "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!" Lalu memancarlah darinya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap su­ku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah ka­lian berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.

6. Selamat dari Peti

Atas kuasa Allah SWT, di zaman Fir’aun, ibu mUsa membuat sebuah peti untuk Musa yang masuk disusukannya. Hal ini tertulis dalam Al-Qashash:8. Yang artinya:

Maka dipungutlah ia oleh keluarga Fir’aun yang akibatnya dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. (Al-Qashash: 8)

7. Menghukum Fir’aun dengan Angin Topan, Banjir, dan Wabah Belalang

Mukjizar Nabi Musa lainnya adalah mendatangkan angin topan dan hujan lebat sebagai hukuman atas ingkaran Fir’aun dan penduduknya, Allah SWT berfirman, yang artinya:

 Maka Kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak, dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa. Dan ketika mereka ditimpa azab. (QS. Al Qashah ayat 133).

8. Menjadikan Hart Benda Fir’aun sebagai Makanan jadi Batu

Musa berkata.”Ya Tuhan kami. sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, ya Tuhan kami, akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami. binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman sehingga mereka melihat siksaan yang pedih (QS. Yunus: 88)

9. Menenggelamkan Qarun dan Harta Bendanya Ke Bumi

Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yang menolongnya terhadap azab Allah, dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya). (QS. Al Qashah ayat 81).

Akhir Kata

Demikianlah, mukjizat Nabi Musa As yang harus Anda ketahui untuk diteladani. Semoga Allah SWT tetap menjadikan kita hamba yang taat akan perintahnya.

Komentar